Jumat, 28 Juli 2017

Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting

saat kita membeli hosting atau server sebenernya website kita hanya bisa di akses lewat Ip (internet protocol) saya, bayangkan bagaimana susahnya menghafal nomor ip tersebut untuk setiap situs pasti susahkan, itukan kenapa domain diciptakan untuk mengatasi masalah tersebut yang menjadi masalah bagi orang yang suka lupa.

Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting

Domain  bisa menggantikan angka ip ip server menjadi sebuah teks, contohnya jika anda mau akses situs google yang memiliki alamat ip https://173.194.69.94 dan memiliki domain https://google.com pasti anda memilih mengaksesnya lewat http://google.com ketimbang anda mengakses alamat ip tersebut, anda pastinya tidak akan lebih susah  menghafal huruf jika dibandingkan anda harus menghafal alamat ip, bener tidak.

sebelum anda membaca cara mengarahkan domain ke hosting saya disini saya mengharuskan kamu sudah mempunyai domain & hosting, entah itu shared hosting, vps, ataupun lainnya. jika kamu belum memiliki hosting atau domain kamu bisa membeli hosting atau domain di namecheap atau penyedia domain dan hosting lainnya.

berikut ini adalah cara mengarahkan domain ke hosting, disini saya melakukan pembelian domain di namecheap bukan di tempat lain, sehingga jika anda membeli di tempat lain maka akan tidak sama. berikut ini tutorial yang kami kutip dari panduan namecheap.

Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting, Jika Anda Beli Hosting Di NameCheap
1.masuk ke akun namecheap anda:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
2.Pilih Domain Daftar dari sidebar kiri dan klik Manage tombol di sebelah domain Anda dalam daftar:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
3.Cari bagian nameserver dan pilih Namecheap Web Hosting DNS dari menu drop-down. Setelah itu, gunakan ikon tanda centang untuk menyimpan perubahan:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting

Setelah nameserver diperbarui, mungkin memerlukan waktu sekitar 24-48 jam untuk domain Anda  bisa di akses dengan baik di seluruh dunia.

Catatan :
Setelah pengaturan nameserver untuk domain Anda, Anda juga perlu menambahkan domain Anda sebagai Addon untuk cPanel Anda jika itu bukan domain utama dari hosting Anda.

Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting Dengan Name Server
tutorial berikut berguna jika hosting anda bukan berada di namecheap tetapi berada di tempat selain namecheap.
1) Setelah masuk ke akun Anda, pilih Daftar Daftar dari sidebar kiri dan klik Manage tombol di samping domain Anda dalam daftar. Kemudian cari bagian nameserver dan pilih Kustom DNS dari menu drop-down:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
2) Setelah itu, masukkan nameserver hosting Anda satu per satu di setiap baris (jika Anda perlu mengatur lebih dari 2 nameserver, tekan Add nameserver tombol warna merah). Ketika nameserver dimasukkan, tekan tanda centang hijau untuk menyimpan perubahan:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting

Setelah nameserver diperbarui, mungkin memerlukan waktu sekitar 24-48 jam untuk domain Anda  bisa di akses dengan baik di seluruh dunia.

catatan:
 Beberapa penyedia hosting dapat menyediakan Anda dengan nameserver dengan alamat IP tetapi Memasuki nameserver saya sudah cukup kok dan domain anda akan terhubung dengan baik. Jika anda disediakan dengan nameserver berakhir dengan titik-titik (yaitu, ns1.nameserver.com.), Mereka perlu dimasukkan tanpa titik di akhir.

Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting Jika Memiliki Server Sendiri
Bila Anda memiliki server hosting anda sendiri dan Anda tahu alamat IP-nya, Anda dapat mengatur Sebuah catatan untuk domain anda agar domain tersebut terhubung ke server. jika anda menggunakan layanan DNS dari namecheap entar itu yang BasicDNS  / PremiumDNS / BackupDNS / FreeDNS nameserver maka anda dapat mengatur A record dengan cara sebagai berikut:

baca juga:
cara membuat blog dengan wordpress

1) Setelah masuk ke akun Anda, pilih Daftar Domain dari sidebar kiri dan klik tombol Manage di samping domain Anda dalam daftar. Kemudian beralih ke Advanced DNS tab di bagian atas halaman:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting

2) Cari catatan host bagian dan klik pada Add New Record  (jika opsi ini tidak tersedia, itu berarti bahwa domain Anda tidak menggunakan BasicDNS dari namecheap entah itu PremiumDNS / BackupDNS / FreeDNS):
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
3) Pilih A Record dibagian Type dan masukkan host IP server Anda:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
- @ harus digunakan sebagai host untuk menunjuk domain root Anda ( domainname.tld )
- www harus digunakan untuk mengatur catatan untuk www.domainname.tld subdomain
- [customhostname] dapat digunakan untuk mengatur subdomain dan untuk menunjuk ke server hosting Anda (misalnya, host blog akan menunjuk blog.domainname.tld ke hosting Anda)
- * harus dimasukkan sebagai host untuk mendirikan sebuah subdomain wildcard (berarti ia akan menunjuk semua subdomain tidak ada untuk hosting Anda).
4) Setelah itu, masukkan alamat IP dari server hosting Anda ke dalam bidang Value:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
5) Anda dapat meninggalkan TTL sebagai Automatic (30 menit) atau memilih nilai dari menu drop-down:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
Catatan : TTL adalah waktu selama dimana data record host Anda tetap hidup setelah catatan diperbarui atau dihapus. Jika Anda tidak yakin apa yang TTL digunakan, cukup biarkan seperti Automatic .
6) klik centang berwarna hijau untuk menyimpan:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
Biasanya, dibutuhkan sekitar 30 menit untuk perubahan.

Beberapa penyedia hosting juga akan meminta Anda untuk membuat catatan tambahan (seperti URL redirect atau CNAME). Catatan-catatan ini dapat diatur dengan cara yang sama sebagai A record. Anda hanya perlu memilih yang sesuai Type record dari menu drop-down dan masukkan nilai yang Anda terima dari penyedia hosting Anda:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
Setelah catatan ditambahkan, Anda perlu memeriksa apakah ada catatan untuk nama host yang sama dan menghapus mereka karena mereka akan bertentangan dengan catatan Anda. Catatan Anda perlu memeriksa mungkin membuka record tipe Unmasked/Masked/Permanent Redirect, A or CNAME..

Sebuah domain baru terdaftar akan memiliki catatan untuk kami Halaman Parkir ditetapkan secara default. Catatan ini URL redirect untuk @ tuan menunjuk ke http: //www.domainname.tld/ dan data CNAME untuk www tuan menunjuk ke parkingpage.namecheap.com. Catatan-catatan ini harus selalu dihapus setelah membuat catatan host kustom untuk domain Anda.

Untuk menghapus catatan yang bertentangan, cukup tekan hitam Sampah bin ikon di samping catatan yang sesuai:
Cara Mengarahkan Domain Ke Hosting
selesai.


EmoticonEmoticon