Rabu, 26 Juli 2017

cara buat website atau blog

ada banyak sekali tutorial cara membuat website ataupun blog yang bisa anda cari di google , tapi hampir kebanyakan dari tutorial yang mereka buat, sebagian besar mungkin kurang lengkap atau malah membingungkan khususnya bagi orang awam yang ingin membuat website atau blognya. disini kami akan memberikan tutorial cara buat website dan juga cara buat blog secara mudah khususnya untuk pemula. sebelum ke tahan cara membuat website atau blog anda harus tau perbedaan website dan blog.

cara buat website atau blog


Apa itu blog?
Blog adalah Sebuah situs web, mirip dengan jurnal online, yang mencakup entri kronologis yang dibuat oleh individu. Kata blog itu berasal dari gabungan kata web dan log. Blog biasanya berfokus pada subjek tertentu (Ekonomi, berita hiburan, dll.) Dan memberi pengguna forum (atau area komentar) untuk membicarakan setiap posting. Banyak orang menggunakan blog karena mereka akan menjadi jurnal pribadi atau buku harian

Apa itu website?
Menurut Houghton Mifflin website adalah Satu set halaman web yang saling terkait, biasanya termasuk homepage, umumnya terletak di server yang sama, dan disiapkan dan dikelola sebagai kumpulan informasi oleh seseorang, kelompok, atau organisasi.

jadi apakah anda sudah paham perbedaan Blog dan Website, kalau sudah kita maka kalian sebelum buat blog harus tau paling enggak sedikit tentang SEO (Search Engine Optimization) , ini berguna agar website atau blog kita berada pada halaman teratas google. langsung aja berikut ini pengertian tentang seo.

cara buat website atau blog


Apa itu SEO?
Search Engine Optimization (SEO) adalah istilah payung untuk semua metode yang dapat Anda gunakan untuk memastikan visibilitas situs Anda dan isinya di halaman hasil mesin pencari (SERPs).

Metode bervariasi dari praktik teknis yang dapat Anda capai di balik layar di situs web Anda (kami cenderung menyebut ini sebagai 'SEO on-halaman') ke semua pendekatan 'off-page' promosi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan visibilitas situs Anda (tautan -bangunan, pemasaran media sosial).

Ketika kita berbicara tentang visibilitas, berarti seberapa tinggi SERP yang muncul di situs Anda untuk istilah pencarian tertentu dalam hasil 'organik'. Hasil organik mengacu pada yang muncul secara alami di laman, bukan di bagian berbayar.

Membangun arsitektur situs yang kuat dan menyediakan navigasi yang jelas akan membantu mesin telusur mengindeks situs Anda dengan cepat dan mudah. Ini juga akan, yang lebih penting, memberi pengunjung pengalaman yang bagus tentang penggunaan situs Anda dan mendorong kunjungan berulang. Perlu diperhatikan bahwa Google juga semakin memperhatikan pengalaman pengguna, termasuk optimasi mobile dan kecepatan situs.

Pemandangan perubahan SEO cepat, oleh karena itu Search Engine Watch hadir untuk membantu menavigasi medan yang tidak dapat diprediksi. Entah itu perubahan baru dalam algoritme Google, atau berurusan dengan penelusuran bahasa semantik alami, atau menerapkan teknologi laman seluler tercepat yang dipercepat, Search Engine Watch telah Anda bahas.

cara buat website atau blog


CARA BUAT WEBSITE ATAU BLOG
jika jika anda sudah paham itu semua mari kita langsung membuat website atau blog , disini khusus untuk membuat blog sudah pernah kami posting sehingga anda silakan baca saja pada halaman Cara Membuat Blog . Untuk membuat website kita memerlukan yang namanya hosting dan domain, jika anda belum tau apa itu hosting dan domain berikut ini adalah penjelasan singkatnya.
Apa Itu Hosting ?
Web hosting adalah layanan yang memungkinkan organisasi dan individu memposting situs web atau halaman web ke Internet. Sebuah host web, atau penyedia layanan web hosting, adalah bisnis yang menyediakan teknologi dan layanan yang dibutuhkan untuk situs web atau halaman web untuk dilihat di Internet. Situs web diinangi, atau disimpan, di komputer khusus yang disebut server. Bila pengguna internet ingin melihat situs web Anda, yang perlu mereka lakukan hanyalah mengetikkan alamat situs atau domain Anda ke browser mereka. Komputer mereka kemudian akan terhubung ke server Anda dan halaman web Anda akan dikirimkan kepada mereka melalui browser. Sebagian besar perusahaan hosting mengharuskan Anda memiliki domain Anda untuk meng-host mereka. Jika Anda tidak memiliki domain, perusahaan hosting akan membantu Anda membelinya. Jika Anda memutuskan untuk membuat dan meng-host situs Anda dengan Website.com, Anda bisa mendapatkan domain, alamat email, dan web hosting khusus yang digabungkan menjadi satu langganan. ada banyak sekali layanan web hosting di indonesia dan anda harus bisa mencari yang terbaik, salah satu web hosting indonesia terbaik adalah exabytes , mereka mempunyai datacenter terbaik yang berada pada negara singapura, malaysia dan amerika serikan yang bisa membuat website kita bisa di akses dengan cepat dari seluruh dunia, jadi kalau mau beli webhosting silakan beli di Exabytes.co.id Web Hosting Murah Indonesia.
Apa Itu Domain ?
Nama domain adalah nama situs Anda. Nama domain adalah alamat dimana pengguna internet dapat mengakses situs Anda. Nama domain digunakan untuk menemukan dan mengidentifikasi komputer di Internet. Komputer menggunakan alamat IP, yang merupakan rangkaian nomor. Namun, sulit bagi manusia untuk mengingat senar angka. Karena itu, nama domain dikembangkan dan digunakan untuk mengidentifikasi entitas di Internet daripada menggunakan alamat IP. Nama domain bisa berupa kombinasi huruf dan angka, dan bisa digunakan dalam kombinasi berbagai ekstensi nama domain, seperti .com, .net dan lainnya. Nama domain harus didaftarkan sebelum bisa menggunakannya. Setiap nama domain itu unik. Tidak ada dua situs web yang memiliki nama domain yang sama. Jika seseorang mengetik di www.yourdomain.com, itu akan masuk ke situs web Anda dan tidak ada yang lain. ada banyak penyedia domain harga murah salah satunya adalah Exabytes, dia adalah webhosting yang sudah cukup lama dalam menangani registrasi domain sehingga anda tidak perlu khawatir dengan domain anda.
okay karena kami menganggap kalian sudah paham sekarang saatnya kita memulai membuat website, dalam membuat website anda HARUS PAHAM BAHASA PEMROGAMAN karena jika anda belum faham maka itu semua akan sia sia sebab website anda tidak akan jadi, tapi anda tidak perlu khawatir karena pada zaman sekarang sudah tersedia yang namanya Website Builder  dan CMS yang bisa kita gunakan. ada banyak sekali Website builder mulai dari yang gratis sampai yang bayar dan ada banyak sekali CMS mulai dari yang ukurannya kecil sampai beratus ratus mb.

pada tahapan kita saya akan mencontohkan membuat website menggunakan CMS wordpress lewat Cpanel (control panel hosting) menggunakan Softacolous .
1.Kita login dulu ke cpanel
2.Cari Menu Auto Installer (lihat gambar di bawah ini)
cara buat website atau blog
3.Pilih Wordpress
4.pastikan anda diarahkan kehalaman seperti gambar di bawah ini
cara buat website atau blog
5.Klik install (lihat gambar di atas)
6.Softaculous sekarang akan menanyakan di mana Anda ingin menginstal WordPress. Anda harus memilih http: // atau http: // www. Sebagai protokol
Jika situs Anda memiliki SSL dan HTTPS, Anda dapat memilih https: // atau https: // www. Sebagai protokol
Setelah itu, Anda perlu memilih nama domain tempat Anda ingin menginstal WordPress. Sebagian besar pengguna ingin menginstal WordPress di direktori akar domain mereka, seperti example.com. Jika demikian, Anda harus memastikan bahwa bidang 'Dalam Direktori' kosong.
Gulir ke bawah sedikit, dan Anda akan melihat bagian pengaturan situs.
cara buat website atau blog
isi semua yang di minta.
cara buat website atau blog
Softaculous akan menjalankan installer menggunakan setting yang Anda berikan. Anda akan melihat progress bar dengan status instalasi. Ini akan memakan waktu beberapa menit, jangan tutup jendela sampai progress bar mencapai 100% jika tidak hal ini dapat mempengaruhi instalasi WordPress Anda.
cara buat website atau blog
Anda akan melihat pesan sukses setelah penginstalan selesai. Ini juga akan menunjukkan link ke situs Anda dan link lain ke area admin WordPress Anda.
cara buat website atau blog

itulah tutorial membuat website dan blog, semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon