Kamis, 10 Agustus 2017

Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout

Kebetulan saya akhir akhir ini sering banget mengalami HTTP Error 504 : Gateway TimeOut saat mengakses website, padahal website yang saya akses itu penting banget karena berhubungan dengan gaji saya, anda mungkin akan jengkel seperti saya jika mengalami HTTP Error 504 : Gateway TimeOut ini.

Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout
Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout - source asdqwe
HTTP Error 504 : Gateway TimeOut adalah kode status HTTP yang berarti bahwa satu server tidak menerima respon yang tepat waktu dari server lain, itu terjadi ketika mencoba untuk memuat halaman web atau mengisi permintaan lain oleh browser.

Pesan kesalahan ini sering muncul dalam berbagi macam versi, tergantung pihak administrasi server mau menampilkan bagaimana , berikut ini adalah 504 Gateway Timeout yang sering muncul :
504: gateway timeout
Http Error 504: gateway timeout
HTTP 504
HTTP Error 504 – Gateway Timeout
504 Gateway Time-out
504 ERROR
Gateway Timeout (504)
HTTP Error 504 - Gateway Timeout
Kesalahan Gateway Timeout
Penyebab 504 Gateway Timeout
eror ini biasanya terjadi si "Sisi Server" bukan disisi client, biasanya  504 Gateway Timeout di sebabkan oleh kesalahan jaringan di server. Kesalahan umum yang mengakibatkan terjadinya 504 Gateway Timeout adalah upstream server sedang down atau karena jaringan server gagal menyambungkan ke proxy atau gateway sehingga muncul pesan eror 504 Gateway Timeout.

Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout
Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout - source pixabay
Baca juga : Cara mengarahkan domain ke hosting

Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout
jika anda adalah user & bukan webmaster maka silakan baca cara mengatasi 504 Gateway Timeout di bawah ini, tetapi jika anda adalah webmaster silakan baca cara mengatasi eror 504 Gateway Timeout di bawah postingan.

1.Silakan anda reload atau refresh browser anda, caranya yaitu dengan klik kanan lalu pilih reload (klik F5 juga bisa). Meskipun muncul pesan eror 504 Gateway Timeout tetapi ini mungkin hanya sebentar,sebab masalah ini tidak disebabkan anda tetapi server dan mungkin hanya sementara saja.

Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout
Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout - images source pixabay

2.Restart semua perangkat jaringan anda. Sebab masalah pada router , switch , atau perangkat hardware jaringan lainnya dapat menyebabkan 504 Gateway Timeout.

Tips: jika anda tidak yakin karena perangkat jaringan anda silakan baca tips lainnya.

3.Periksa pengaturan proxy jaringan anda. kode kesalahan 504 Gateway Timeout juga bisa di akibatkan karena kesalahan anda dalam mensetting proxy, pastikan settingan proxy anda sudah benar.

4.DNS server yang anda gunakan juga bisa menyebabkan terjadinya keslahan 504 Gateway Timeout ,  ini disebabkan karena gagal menghubungkan ke dns yang di tuju.

5.Jika semua cara di atas sudah anda lakukan tetapi tetap saja muncul pesan kesalahan 504 Gateway Timeout maka cara terbaik adalah hubungi admin atau webmaster website terkait. karena kemungkinan ini disebabkan oleh server bukan anda.

Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout (Webmaster & Admin)
jika anda adalah webmaster atau admin anda tidak perlu cemas jika mengalami masalah ini 504 Gateway Timeout, sebab masalah ini bisa anda atasi dengan cara berikut :
Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout
images source pixabay
1.Perbaiki jaringan di server , karena kesalahan ini biasanya terjadi karena kesalahan jaringan di server. Kesalahan umum yang mengakibatkan terjadinya 504 Gateway Timeout adalah upstream server sedang down atau karena jaringan server gagal menyambungkan ke proxy atau gateway sehingga muncul pesan eror 504 Gateway Timeout.

2.Masalah ini juga bisa di akitbatkan karena Cache di proxy sudah terlalu tinggi, sehingga anda perlu membersihkannya agar situs anda lancar.


Artikel Cara Mengatasi 504 Gateway Timeout ini di lindungi hak cipta, mohon izin sebelum anda main copy paste.




EmoticonEmoticon